You Are Reading

0

Membuat Sin dan Tangen

Sang Pencari Kebenaran ,



 Gambar diatas merupakan SIN dan TANGEN dalam Java.
Berikut ini adalah Source Code nya....

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

class tugas_umar extends Canvas
{
 int awal;
 int akhir;
  public void paint(Graphics g)
 {
  g.setColor(Color.black);
  g.drawLine(10,10,10,210);
  g.drawLine(10,110,380,110);
  g.drawString("1",2,14);
  g.drawString("-1",14,210);
  g.drawString("0",13,123);
  g.drawString("90",100,123);
  g.drawString("180",190,123);
  g.drawString("270",280,123);
  g.drawString("360",370,123);

  g.setColor(Color.blue);
  for(int i=awal;i<akhir;i+=1)
  {
   int y=(int)(Math.sin(i*Math.PI/180)*100)*-1;
   g.drawOval(i+10,y+110,1,1);
   try
   {
    Thread.sleep(10);
   }
   catch(Exception e)
   {
   }
  }
 }

 void nilaiAwal(int nawal)
 {
  awal=nawal;
 }

 void nilaiAkhir(int nakhir)
 {
  akhir=nakhir;
 }

}
class Animasi_umar extends Canvas
{

 int pertama;
 int kedua;

 public void paint(Graphics g)
 {
  g.setColor(Color.black);
  g.drawLine(10,10,10,210);
  g.drawLine(5,110,380,110);
  g.drawString("1",2,14);
  g.drawString("-1",14,210);
  g.drawString("0",13,123);
  g.drawString("90",100,123);
  g.drawString("180",190,123);
  g.drawString("270",280,123);
  g.drawString("360",370,123);

  g.setColor(Color.magenta);
  for(int i=pertama;i<kedua;i+=1)
  {
   int y=(int)(Math.tan(i*Math.PI/180)*100)*-1;
   g.drawOval(i+10,y+110,1,1);
   try
   {
    Thread.sleep(10);
   }
   catch(Exception e)
   {
   }
  }

 }

 void nilaiPertama(int npertama)
 {
  pertama=npertama;
 }
 void nilaiKedua(int nkedua)
 {
  kedua=nkedua;
 }

}
class animasi extends JFrame
{
 tugas_umar Ka=new tugas_umar();
 Animasi_umar Ka2=new Animasi_umar();
 JLabel lblAwal=new JLabel("Nilai Awal");
 JLabel lblAkhir=new JLabel("Nilai Akhir");
 JTextField tx1=new JTextField(5);
 JTextField tx2=new JTextField(5);

 JButton but2=new JButton("Sin");
 JButton but3=new JButton("Tan");
 JPanel p1=new JPanel();
 JPanel p2=new JPanel();


 animasi()
 {
  setTitle("ploting Fungsi Cosinus dan Tangen");
  setLocation(200,200);
  setSize(600,300);
  setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
  setResizable(false);
 }
 void KomponenVisual()
 {
  getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
  p1.add(lblAwal);
  p1.add(tx1);
  p1.add(lblAkhir);
  p1.add(tx2);
  p1.add(but2);
  p1.add(but3);
  getContentPane().add(p1,BorderLayout.NORTH);

  setVisible(true);
 }

 public void sin()
 {
    but2.addActionListener(new ActionListener()
   {
      public void actionPerformed(ActionEvent e)
      {
        String batasAwal=tx1.getText();
        int x=Integer.parseInt(batasAwal);
        Ka.nilaiAwal(x);

        String batasAkhir=tx2.getText();
        int y=Integer.parseInt(batasAkhir);
        Ka.nilaiAkhir(y);

        getContentPane().add(Ka,BorderLayout.CENTER);
        setVisible(true);
        getContentPane().add(Ka2,BorderLayout.CENTER);
      }

   });
 }
 public void tan()
 {
   but3.addActionListener(new ActionListener()
   {
      public void actionPerformed(ActionEvent e)
      {
        String batas2Pertama=tx1.getText();
        int x=Integer.parseInt(batas2Pertama);
        Ka2.nilaiPertama(x);

        String batas2Kedua=tx2.getText();
        int y=Integer.parseInt(batas2Kedua);
        Ka2.nilaiKedua(y);

        getContentPane().add(Ka2,BorderLayout.CENTER);
        setVisible(true);
        getContentPane().add(Ka,BorderLayout.CENTER);

      }
   });
 }
 public static void main(String[]args)
 {
 animasi a1=new animasi();
 a1.KomponenVisual();
 a1.sin();
 a1.tan();

 }
}

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blog Pribadi Abd Umar