You Are Reading

0

Korelasi Iptek dalam Tasawuf Kontemporer

Sang Pencari Kebenaran
Fenomena  menarik  mengenai  geliat  baru  masyarakat  perkotaan terhadap kajian  tasawuf sebagai spiritual baru  diharapkan tidak terjebak pula pada tataran kesalihan simbolik. Kajian yang  mengurai  bahwa  dalam  konteks  kehidupan  modern,  khazanah  pemikiran  Islam sufistik  atau  tasawuf  selayaknya direkonstruksi dalam  kerangka  untuk menemukan  kembali makna dan alat vital ajaran tasawuf bagi kehidupan manusia modern saat ini.  

Dengan mengkaji  dan mempertanyakan  kembali  tentang  apa  dan  bagaimana  ajaran tasawuf  diharapkan  mampu  menjawab  dan  bisa  memberikan  kontribusi  atas  berbagai persoalan  kehidupan masa  kini  yang  penuh  tantangan  dalam menghadapi  arus modernisasi, globalisasi dan informasi.  

Di  satu  pihak,  arus  modernisasi,  globalisasi  dan  informasi  memberi  banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Di lain pihak, bersamaan dengan munculnya persaingan yang ketat, kerasnya kehidupan, ataupun tawaran yang menggiurkan seringkali menimbulkan kegelisahan batin dan pergolakan jiwa terganggu. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blog Pribadi Abd Umar