You Are Reading

0

Membuat Jaringan Komputer LAN Sendiri

Sang Pencari Kebenaran ,
Dewasa  ini  perkembangan  teknologi  informasi  sangat  berpengaruh  terhadap kemajuan  zaman.  Salah  satu  alat  super  canggih  dalam  teknologi  informasi  adalah komputer.  Komputer  merupakan  perangkat  yang  membatu  memudahkan  berbagai pekerjaan manusia.  Komputer  mempunyai  beberapa  perangkat  yang  akan  membantu kinerjanya  dalam menyelesaikan masalah. Perangkat  tersebut  terdiri  dari 3  komponen yaitu  perangkat  keras  (hardware),  perangkat  lunak  (software)  dan  user  atau  operator (brainware). 

Jaringan  komputer  bukanlah  sesuatu  yang  baru  saat  ini.  Hampir  di  setiap perusahaan  terdapat  jaringan  komputer  untuk memperlancar  arus  informasi  di  dalam perusahaan  tersebut.  Internet  yang  mulai  populer  saat  ini  adalah  suatu  jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa  tahun saja  jumlah pengguna  jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda. 

Sejak memasyarakatnya  internet  dan  dipasarkannya  sistem  operasi Windows95 oleh  Microsoft,  menghubungkan  beberapa  komputer  baik  komputer  pribadi  (PC) maupun  server  dengan  sebuah  jaringan dari  jenis LAN  (Local Area Network)  sampai WAN  (Wide  Area  Network) menjadi  sebuah  hal  yang  biasa.  Demikian  pula  dengan konsep  "downsizing" maupun  "lightsizing" yang bertujuan menekan  anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah  jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blog Pribadi Abd Umar