You Are Reading

0

Blue Screen of Death (BSOD)

Sang Pencari Kebenaran ,
Blue Screen, atau sering disebut Blue Screen of Death (BSOD) itu adalah tanda dimana Windows tidak dapat bekerja. Umumnya terjadi karena Windows mengalami kerusakan (error).

Penyebabnya bermacam-macam, sebab BSOD sendiri adalah pemberitahuan error saat Windows terpengaruhi oleh sesuatu hal.

Dari segi Hardware, penyebab antara lain: aplikasi atau Windows itu sendiri yang rusak, misalnya karena tempat penyimpanan yang rusak (harddisk corrupt, mungkin karena guncangan saat pengaksesan data), atau tempat bekerja yang terganggu (RAM rusak, entah karena cacat bawaan RAM atau komputer terlalu panas yang meradiasi chip atau ada noise radiasi luar yang cukup kuat), atau ada perangkat yang tidak sesuai (bentrok IRQ, DMA, I/O, dlsb)..

Dari Software, penyebab antara lain dari Internal Windows yang memang bermasalah (bugs dalam Windows), atau dari Eksternal (program yang mengandung bugs, device driver yang tidak cocok dengan hardware, aplikasi yang rebutan resources dengan aplikasi lain, trojan/virus yang memang ingin merusak, dlsb).

Blue Screen umumnya terjadi karena masalah dari Software, terutama bila aplikasi/utility yang diinstall corrupt atau rusak. Kerusakan aplikasi ini bisa disebabkan karena terinfeksi virus atau aplikasi tersebut mengandung bug.

Untuk memperbaikinya, biasanya adalah dengan instal ulang Operating System Dan untuk meminimalisir lakukan 'pembersihan' aplikasi yang berjalan secara illegal. Sebaiknya hanya gunakan aplikasi yang diperlukan, terutama karena komputer digunakan untuk hal kritikal. Jangan suka iseng download utility/game dan main-main ke website yang aneh-aneh di Internet. Takutnya memang ada hacker yang iseng menyebar masalah.

Mungkin anda akan melihat berapa banyaknya aplikasi yang 'tidak dikenal' yang berjalan. Namun hati-hati, jangan sembarangan menghapus karena bisa saja aplikasi-aplikasi 'aneh' tersebut adalah legal dan diperlukan oleh komputer anda.

Selanjutnya, seperti biasa, gunakan AntiVirus, Firewall, AntiSpyWare, dll yang baik dan selalu di update, supaya melindungi anda dari gangguan hacker dan aplikasi 'nakal'.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blog Pribadi Abd Umar